kereta api kalijaga

Kereta api Kalijaga

Selamat pagi sahabat, selamat pagi sobat gaweanedolan.
Ah sudah lama saya tidak bercerita tentang pengalaman dolan saya. Eits tapi tenang saja, berhubung hasrat untuk menulis sudah tidak lagi terbendung maka saya akan coba menguraikan cerita dolan saya. Pagi itu saya sudah mengantongi tiket kereta api tujuan Solo. Ya, saya mencoba moda transportasi ini untuk pertama kalinya, naik Kereta Api Kalijaga Semarang Solo. Seumur hidup saya belum pernah naik kereta api dan dengan hati yang gembira saya mencoba sensasi naik kereta api. Ok sekalian mereview saja ya, kereta yang saya naiki ini bernama kereta api Kalijaga. Kereta ini rutenya adalah Solo-Semarang dan Semarang-Solo.

Jadwal keberangkatan

Jadwal keberangkatan dapat dilihat di website KAI Indonesia . tapi tenang saja akan saya beri tahu jadwalnya, jadi Kereta Api Kalijaga dari Solo adalah pukul 05.20 WIB dari Stasiun Balapan dan sampai di Stasiun Poncol pukul 08.15 WIB. Sedangkan jadwal keberangkatan dari Semarang adalah pukul 09.00 WIB dari Stasiun Poncol dan sampai di Stasiun Solo Balapan jam 12.00 WIB. Perlu diketahui bahwa kereta ini jadwalnya hanya satu kali saja. Jadi kereta api Kalijaga awalnya berangkat dari Solo kemudian sampai di Semarang dan setelah itu keretanya balik ke Solo lagi.

Tiket Kereta Api Kalijaga Semarang Solo

Kemudian untuk harga tiketnya mau tahu kan? Tiketnya itu lho murah yakni Rp10.000, murah sekali bukan. Untuk pemesanan tiketnya bisa langsung OTS (On the spot) dan bisa juga pesan dari beberapa hari sebelumnya seperti yang saya lakukan kemarin saat pesan tiket. Tapi pesannya harus langsung ke stasiun tidak bisa online.

kereta sampai di stasiun Solo Balapan

Apa saja yang ada di dalam gerbong kereta

Oke cerita kembali saya lanjutkan, Sabtu pagi sekira pukul 08.30 saya sampai di Stasiun Poncol dan saya segera naik kereta Kalijaga, kebetulan saat itu saya dapat di gerbong terakhir, yaitu gerbong 7 dan karena kereta ekonomi jadi kursinya hadap hapadan, ya tidak apalah yang penting dapat tempat duduk, pikir saya. Memasuki kereta, saya melihat wah ternyata luas ya dalam kereta, dalam hati saya mengatakan demikian. Saya segera mencari tempat duduk dan duduklah saya bersama dengan penumpang lainnya. Didalam kereta terdapat stopkontak untuk mengisi daya alat elektronik seperti HP, Tablet dan Laptop. Nah itulah fasilitas yang ada di dalam kereta api Kalijaga.

stopkontak pada setiap kursi gerbong kereta api

Pemberhentian Kereta api Kalijaga

Kereta Api Kalijaga berangkat dari Stasiun Poncolpukul 09.00 WIB. Ah nikmat sekali rasanya naik kereta, bukan lebay ya tapi memang ini pertama kalinya dalam hidup saya, bahkan bisa dibilang ini salah satu mimpi saya untuk bisa naik kereta. Di dalam kereta ini, saya lebih memilih membaca buku yang sudah saya siapkan dan terkadang bermain HP, namun kemudian karena capek saya akhirnya tertidur. Tak terasa hampir jam 12 siang akhirnya kereta sampai di Solo dan berhenti di Stasiun Solo Balapan. Yang perlu diketahui adalah bahwa kereta Kalijaga ini berhenti di beberapa stasiun seperti stasiun Kedungjati, stasiun Telawa, stasiun Salem. Dan terakhir kereta berhenti di tujuan akhir yakni Stasiun Solo Balapan.

stasiun balapan solo
stasiun balapan solo

Sampai di Stasiun Solo Balapan

Alhamdulillah perjalanan saya naik Kereta Api Kalijaga dari Semarang ke Solo lancar tanpa masalah. Ada rasa senang ketika saya naik kereta, saya melihat pemandangan diluar sana dari kaca jendela kereta. Sungguh indah karya Tuhan diluar sana, sawah-sawah yang hijau, hutan yang teduh, dan sensasi ketika kereta melewati jembatan adalah pengalaman yang tidak akan saya lupakan. Terlepas dari itu semua, saya suatu saat akan mencoba moda transportasi ini lagi dan saya menyarankan kepada sahabat semua untuk mencoba naik kereta. Sekian cerita saya saat naik kereta Kalijaga. Saya sadar akan tulisan ini yang masih sederhana semoga kelak saya dapat memperbaiki tulisan saya agar menjadi lebih baik. Nantikan cerita selanjutnya, Salam.

Baca juga: Pendakian Gunung Ungaran via Mawar