ampelgading homeland camp area

Ampelgading Homeland Camp Area

Sebagaimana pengalaman saya tentang mendaki gunung Ungaran beberapa waktu yang lalu, kali ini saya pun masih punya cerita yang juga menarik seputar wisata di kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang selain memiliki tempat wisata seperti  Candi Gedong Songo, Umbul Sidomukti, Taman Bunga Celosia, dan Camping Ground Basecamp Mawar ternyata masih ada tempat lain yang patut untuk dikunjungi. Tempat yang akan saya bahas ini adalah sebuah Camping Ground di lereng Gunung Ungaran yang dapat menjadi alternatif tempat rekreasi wisata yang ramah untuk semua kalangan. Apakah nama tempatnya? Ya, namanya Ampelgading Homeland Camp Area. Mari simak cerita saya.

ampelgading homeland
ampelgading homeland

Lokasi Ampelgading Homeland Camp Area

Sebelum bercerita, perlu kiranya teman-teman untuk tahu dimanakah letak Ampelgading Homeland Camp Area ini.  Ampelgading Homeland berlokasi di Dusun Ampelgading Desa Kenteng Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Ungaran. Berlokasi di ketinggian 1300 mdpl membuat tempat ini sangat sejuk dan udaranya segar. Dengan suasana khas pegunungan , teman-teman akan dimanjakan oleh pemandangan kabupaten Semarang dari ketinggian. Ada beberapa tempat  yang dapat dilihat dari sini diantaranya adalah keindahan Rawapening, gagahnya Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo. Bahkan jika beruntung, teman-teman bisa menyaksikan sunrise yang begitu indah.

ampelgading homeland camp area
ampelgading homeland camp area

Bagaimana perjalanan saya ke Ampelgading Homeland Area?

Hari itu jumat 14 Desember 2018, saya dan dua teman saya berkesempatan untuk mengunjungi Ampelgading Homeland Camp Area. Kami berangkat dari Kota Semarang malam hari dan sampai di lokasi kira-kira jam 10 malam. Ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan saat datang ke Ampelgading Homeland Camp Area  ini, apa sajakah itu? Pertama, akses untuk menuju tempat ini jalannya agak sempit, dan di beberapa titik banyak yang rusak. Lebar jalan hanya sekitar 3 m. Kedua, usahakan saat datang kesini, mobil ataupun motor dalam keadaan prima. Seperti yang saya alami, motor yang saya naiki tidak kuat nanjak sehingga terpaksa harus turun dan jalan kaki. Begitu pula sebaliknya, saat turun, harus berhati-hati apalagi yang memakai motor matic, remnya jangan sampai panas agar tidak blong. Ketiga, kalau mau ngecamp disini lebih baik berangkat siang ataupun sore, jangan malam hari karena lampu penerangan masih minim sepanjang perjalanan dari pintu masuk sampai ke lokasi.

ampelgading homeland
ampelgading homeland

Ngecamp di Ampelgading Homeland Camp Area

Malam itu sesampainya di lokasi, kami registrasi masing-masing membayar 15 ribu rupiah. Tenda kami gelar, dan kami menikmati dinginnya malam dari dalam tenda. Karena sepanjang sore hingga malam gerimis tak kunjung reda. Paginya, alhamdulillah kami dapat menikmati keindahan sunrise yang begitu mempesona. Pagi itu, Gunung Merbabu juga nampak indah. Ah, perpaduan yang sempurna. Ditambah suasana yang tidak terlalu ramai seakan menambah kesan eksklusif tempat ini. Siangnya,  setelah beres-beres dan bersih-bersih kami pulang ke Semarang. Sekian cerita seru saya saat mengunjungi Ampelgading Homeland Camp Area. Jangan sungkan untuk mencoba hal baru dalam hidupmu. Nikmati hidup. Lets traveling.  Salam gaweanedolan.

Baca juga Pendakian Gunung Ungaran via Mawar